Saturday, February 11, 2017

 
15MENITSEHAT - Sebelum saya berbicara lebih jauh mengenai kerontokan rambut, penyebab, mencegah dan cara mengatasinya. Ada baiknya kita lihat dulu fakta mengenai rambut, berikut faktanya :

- Setiap orang pasti mengalami kerontokan rambut sekitar 40-100 Helai rambut setiap harinya.
- Rata-rata rentang hidup sehalai rambut adalah 3 - 7 tahun.
- 80% rambut di kepala anda tumbuh secara aktif, 20% sisanya "beristirahat". masa istirahat rambut berlansung sekitar 2 - 6 bulan, dan setelah itu rambut rontok.

Jadi proses kerontokan rambut adalah proses hal wajar yang terjadi pada setiap orang. Tetapi....

PENYEBAB KERONTOKAN RAMBUT

Jika kerontokan rambut 40 - 100 helai rambut setiap harinya adalah hal yang wajar, maka kerontokan rambut yang jauh dari 100 helai perhari adalah kasus yang perlu diberi perhatian khusus. Kebotakan turunan adalah salah satu penyebab rambut rontok. Biasanya kelainan ini bisa diturunkan dari ayah ataupun ibu, dan bisa dialami oleh siapa saja, meski dalam bentuk atau cara yang berbeda. Kerontokan rambut pada pria terjadi dibagian atas dan belakang kepala, sedangkan kerontokan rambut pada wanita terjadi secara perlahan dan berkala pada bagian depan kepala. Semakin awal kerontokan itu terjadi, maka semakin buruk efeknya.

Beberapa kesehatan juga dapat menyebabkan kerontokan rambut pada orang - orang tertentu. Obat - obatan seperti obat tekanan darah, antikoagulan, antidepresan, antiartritis, dan obat asam urat juga dapat menjadi penyebabnya. Namun kerontokan tersebut hanya bersifat sementara dan bisa dipulihkan, yang paling kita kenal adalah radiasi dari kemoterapi untuk melawan kanker, yang bisa menyebabkan kerontokan rambut hingga 90%. Pil - pil KB juga bisa menyebabkan kerontokan rambut selama pemakaiannya.

Banyak wanita mulai mengalami kerontokan rambut setelah melahirkan , biasanya pada saat masa menopause (mati haid) dan ketika menjalani terapi hormon pasca menopause.

Berbicara mengenai penyakit kerontokan rambut, Alopesia (Alopecia areata adalah penyakit kerontokan rambut/kebotakan yang membuat rambut rontok, serta menimbulkan bercak - bercak bulat dan halus. Meskipun demikian, tidak ada gejala umum yang bisa dilihat, kepala hanya akan terlihat normal (tidak ada ketombe, sisik ataupun luka).

Penyebab lain dari kerontokan rambut adalah :
1. Penyakit tiroid (gondok).
2. Operasi besar (bedah mayor), infeksi dan demam tinggi.
3. Kurap (infeksi jamur).
4. Pola makan yang salah. 
5. Mengenakan benda yang terklalu ketat dikepala.

CARA MENGATASI RAMBUT RONTOK

Apa yang bisa anda lakukan ? 
Meski tidak pengobatan pada kerontokan rambut turunan, ada beberapa hal yang mungkin bisa anda lakukan. Setidaknya menyamarkan kerontokan tersebut.

1. Monixidil adalah obat pemulih rambut yang bebas dijual tanpa resep. Dalam sebuah penilitian ditemukan sekitar 1/3 orang yang mengikuti tes uji coba pemakaian obat tersebut dan sukses menumbuhkan rambutnya kembali. tetapi, rambut baru yang tumbuh diatas kepala akan kembali rontok saat pemakaian obat dihentikan.

2. Gunakan topi atau penutup kepala, wig, atau hiasan kepala pada bagian kepala yang mengalami kerontokan rambut atau penipisan rambut.

3. Lakukan seperti yang dilakukan penata rambut seperti mewarnai atau keritingkan rambut, namun hindari bleaching yang berlebihan karena dapat mematahkan rambut anda. Sering-seringlah menggunakan hairdryer dan cuci rambut setiap harinya menggunakan Shampo yang lembut.

4. Jika anda melihat gaya rambut anda yang menyebabkan kerontokan, hindari hal tersebut seperti pengeriting rambut, kepang ekor kuda, pelurus rambut (catok) atau apapun yang menyebabkan rambut anda tertarik.

Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Post a Comment

TIPS TRENDING

Randa Rexsa. Powered by Blogger.

CUKUP DUDUK DI RUMAH, DAN BERMAIN LAPTOP. ANDA SUDAH BISA MEMPUNYAI PENGHASILAN PULUHAN JUTA PERBULANNYA

langkah ini adalah pekerjaan yang banyak diminati semua orang,bahkan anak remaja sekaliguspun bisa mengerjakan pekerjaan yang tidak rumit ...

TIPS TERPOPULER

KAMI SARANKAN

FANSPAGE