Friday, March 10, 2017


15MENITSEHAT - Setelah beberapa hari admin 15menit tidak memposting artikel kesehatan. Sekarang admin 15menit akan memberikan tips untuk tidak mengkonsumsi obat dan makanan secara bersamaan.

Kita memang harus mematuhi aturan minum obat yang diresepkan oleh dokter, terkadang dokter mengingatkan kita untuk mengkonsumsi obat setelah makan atau setelah perut terisi. Tetapi, kita haru memperhatikan jenis obat serta makanan yang harus kita konsumsi. Karna, ada jenis obat tertentu yang tidak dianjurkan dikonsumsi secara bersamaan dengan makanan.

Berikut adalah beberapa jenis obat yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan dengan makanan :

1. Bronchial spasmolytics.
Obat theophylline dan albuterol biasanya diresepkan untuk penderita asma, bronkitis, serta penyakit paru lainnya. Sebaiknya anda jangan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein ketika minum obat tersebut. Karna kedua obat itu menstimulasi sistem saraf, Tentunya Anda perlu menghindari mengonsumsi kafein, agar anda tak mengalami kecemasan dan gugup berlebih.
 
Sebaiknya anda mengurangi asupan makanan berlemak, karena bisa meningkatkan kecepatan dan persentase theophylline yang diserap darah, sehingga kemungkinan besar menyebabkan overdosis. 

2. Obat-obatan hipertensi.
Obat seperti captopril, enalapril, dan ramipril biasanya diresepkan untuk mengatasi dan mencegah gangguan jantung dan ginjal. Tetapi, saat anda mengonsumsi salah satu obat tersebut, sebaiknya anda tidak dibarengi dengan makanan yang kaya potassium.

Obat-obatan hipertensi meningkatkan kadar potassium dalam darah sehingga bisa memicu arrythmia dan dyspnea jika dikonsumsi secara bersamaan dengan pisang, kentang, kedelai, dan bayam selama pengobatan.

3. Obat antiaritmia.
Digoxin adalah obat yang digunakan untuk mengatasi dan mencegah gagal jantung. Sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi licorice ketika meminum obat tersebut. Kandungan asam glycyrrhizic yang berada didalam licorice yang bercampur dengan digoxin bisa menyebabkan gangguan detak jantung bahkan hilangnya fungsi jantung secara mendadak. Licorice umumnya ditemukan dalam permen, cake, serta kudapan manis lainnya.

Makanan berserat seperti kulit padi, menurunkan kemampuan obat. Jadi sebaiknya minum obat tersebut dua jam sebelum atau setelah makan.

4. Obat penurun kolesterol jahat.
Obat-obatan seperti atorvastatin, fluvastatin, lovastatin, simvastatin, rosuvastatin, dan pravastatin sebaiknya tidak diminum secara berdekatan dengan konsumsi buah grapefruit. Buah tersebut bisa dengan cepat meningkatkan penyerapan obat sehingga meningkatkan risiko overdosis dan efek samping lainnya.

Jika Anda mengonsumsi satu tablet obat tersebut dengan segelas jus grapefruit maka dampaknya setara dengan bila Anda mengonsumsi 20 tablet obat yang sama dengan air. Kondisi serupa berlaku untuk buah jenis sitrus lainnya seperti pomelo, jeruk nipis. 

5. Obat pengencer darah.
Warfarin pada umumnya diresepkan dokter untuk mengatasi dan mencegah penggumpalan darah. Saat dalam masa pengobatan mengkonsumsi obat ini, Anda perlu sangat mengurangi konsumsi cranberry, bawang putih, jahe, dan beberapa rempah seperti cabai rawit, kayu manis, dan kunyit. Buah dan rempah yang disebutkan itu bersifat mengencerkan darah dan bila dikonsumsi dengan warfarin akan menyebabkan pendarahan.

Sementara makanan kaya vitamin K seperti bayam, turnip, kubis, dan brokoli bisa mengurangi kemampuan obat.

6. Obat tiroid.
Levothyroxine biasanya diresepkan untuk mengatasi masalah tiroid. Seseorang yang sedang minum Levothyroxine dan sejenisnya, sebaiknya menghindari kedelai maupun berbagai olahannya, karena kedelai bisa menghambat penyerapan obat. Chestnut serta makanan kaya serat juga memiliki efek yang serupa. 

7. Antibiotik .
Tetrasiklin, ciprofloxacin, penisilin, serta obat antibiotik lainnya, yang digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri. Obat-obatan tersebut akan menjadi sulit diekskresikan bila dikonsumsi dengan susu dan makanan berbahan susu yang tinggi kalsium. Ini akan menurunkan efisiensi obat secara cepat.

8. Obat pereda nyeri.
Ibuprofen merupakan obat jenis painkiller yang biasa dipasarkan dengan nama Advil, Genpril, Proprinal. Obat ini tak cocok dikonsumsi secara bersamaan dengan minuman bersoda dan manis. Kandungan karbondioksia dan asam yang berada di dalam minuman bersoda meningkatkan penyerapan obat dan meningkatkan konsentrasi darah. Hal itu mengakibatkan dosis yang tidak terkontrol dan berisiko peningkatan racun sehingga berbahaya bagi ginjal.


Itulah beberapa jenis obat yang tidak boleh dikonsumsi dengan obat secara bersamaan. sebagai saran untuk menghilangkan kecemasan anda dalam mengkonsumsi obat adalah berkonsultasi dan bertanya ke dokter. apa saja yang harus anda makan, dan apa saja yang harus anda tidak makan, termasuk dalam penggunaan obatnya.

0 komentar:

Post a Comment

TIPS TRENDING

Randa Rexsa. Powered by Blogger.

CUKUP DUDUK DI RUMAH, DAN BERMAIN LAPTOP. ANDA SUDAH BISA MEMPUNYAI PENGHASILAN PULUHAN JUTA PERBULANNYA

langkah ini adalah pekerjaan yang banyak diminati semua orang,bahkan anak remaja sekaliguspun bisa mengerjakan pekerjaan yang tidak rumit ...

TIPS TERPOPULER

KAMI SARANKAN

FANSPAGE